Pageviews

Category

World Clock

Traffic Stats

Cool Blue Outer Glow Pointer

Pages

Tuesday, January 20, 2015

Hubungan Antara Energi Kimia dan Energi Listrik

by Unknown  |  in tugas ipa at  1/20/2015 04:48:00 AM


Penyusun :
  1. Ahnaf Nabil Rusnarasyid       (03)
  2.  Brilian Firmania P.A             (06)
  3.  Fathurrahman Nur Aziz         (12)


A.    Bahan :
  1. 2 buah kentang
  2.  Kawat tembaga dan lembaran seng (kawat tembaga menggunakan kabel engkel, lembaran seng menggunakan paku)
  3. Lampu LED dan kabel listrik


B.     Proses :
Pertama, kami memotong 2 buah kentang menjadi 8 bagian kemudian kami pasangi kawat tembaga dan paku pada setiap kentangnya. Kawat tembaga menjadi kutub positif kentang, sedangkan paku menjadi kutub negatifnya. Kedua, kami merangkai kentang-kentang tersebut menjadi rangkaian yang seri. Ketiga, kami memasang ujung kabel pada tembaga (yang terkahir) dan ujung lain ke lampu, serta memasang kabel lain ke paku dan ujung lain ke lampu. Terkahir, lampu dapat menyala.

C.    Pembahasan :

Kentang menyimpan energi kimia yang dapat berubah menjadi energi listrik jika dirangkai seperti yang telah kami lakukan. Kawat tembaga yang kami pasang di kentang berfungsi sebagai kutub positif sedangkan paku atau seng yang kami pasang di kentang berfungsi sebagai kutub negatifnya. Semakin banyak kentang yang dipakai, semakin besar tegangan listrik yang ada. Pada kegiatan tersebut, kami ukur besarnya tegangan baterai kentang kami, dan hasilnya menunjukan 3,8 volt. Dalam percobaan tersebut, akan lebih baik jika kami menggunakan kentang secara utuh, tidak dipotong-potong.


D.    Kesimpulan :
Dari percobaan diatas dapat menjelaskan dua bentuk energi potensial, yaitu eneri kimia dan energi listrik. Kentang menyimpan energi kimia. Energi kimia tersebut dapat berubah menjadi energi listrik yang mampu menyalakan lampu. Energi listrik kemudian berubah menjadi energi cahaya. Dengan demikian, energi akan mengalami perubahan bentuk, tetapi energinya sendiri tidak hilang.

  

0 comments: