Pageviews

Monday, February 16, 2015

PANTAI TIMANG

by Unknown  |  in Wisata Gunungkidul at  2/16/2015 10:47:00 AM

Saat pertama kali mendengar Pantai Timang pasti yang pertama kali adalah sebuah pulau batu karang yang dihubungkan dengan apa yang biasa disebut dengan “cable car” oleh penduduk sekitar tempat para nelayan biasa memancing lobster.Akan tetapi sebenarnya Pantai Timang tidak hanya itu saja. Pantai Timang tebing tempat adanya “cable car” tersebut juga ada pantai pasir putihnya. Walaupun tidak begitu luas, mungkin hanya sekitar 50 meter saja panjang garis pantainya namun cukup bersih dan sepi. Mengingatkan saya dengan pantai Ngitun yang sebenarnya lokasinya tidak jauh dari Pantai ini. Akan tetapi menurut saya jika anda sudah mencapai Pantai Timang, maka nikmati dulu pemandangan yang ada di tebingnya. Setelah itu baru ke pan tainya. saat berada di tebing berhati-hatilah dengan kamera anda, ombak kadang datang cukup besar hingga pantulan airnya bisa mencapai permukaan tebing. Anda yang bernyali besar pun bisa menaiki “cable car” tersebut dengan membayar 100.000 rupiah. Tapi ingat resiko ditanggung sendiri, tidak ada asuransi di sini.

Medan menuju pantai ini mengingatkan saya kepada jalanan menuju Pantai Ngitun. yaitu berupa jalanan corblok kemudian bertemu dengan jalanan batu yang ditata dan naikan turunan yang kadang cukup terjal. Bayangkan saja anda menuju jalan meuju Pantai Timang itu dua kalinya jalanan menuju Pantai Pok Tunggal. Untuk mencapai pantai ini anda bisa melalui jalan menuju Pantai siung. Dari Wonosari melewati jalan Baron, kemudian belok kiri di pertigaan Mulo. Setelah mencapai Pertigaan Tepus belok kiri (yang jika ke kanan menuju arah Baron). Menuju Pantai Siung, anda bisa melewati pertigaan Winangun. Pertigaan ini letaknya sekitar 50 meter di sebelah barat pertigaan Pantai Siung. Setelah memasuki pertigaan Winangun anda tinggal menyusuri jalanan di tengah kampung tersebut. Saat ini sudah terdapat papan petunjuk di perempatan atau pertigaan menuju Pantai Timang. Anda akan disuguhi jalanan corblok sekitar kurang lebih 1 km sebelum menemukan jalanan berbatu sekitar 1,5 kilo meter. Pada 1 kilo meter terakhir ada turunan yang cukup panjang namun sudah ada cor blok. Parkir kendaraan anda di tempat para nelayan mendirikan gubuknya. setelah itu berjalan kaki menuju pantai ataupun tebingnya.

Pantai Timang sudah sering diliput oleh media-media televisi maupun cetak dan juga internet, jadi sudah banyak pula yang mengetahui tentang menawannya pantai ini. banyak juga yang ingin mengunjungi pantai ini walaupun medan yang dilalui cukup berat dicapai. Jalanan menuju pantai Timang bisa dicapai dengan kendaraan roda dua maupun roda 4.